Minggu, 27 September 2015

Belajar Algoritma Itu Menyenangkan Loh..

 Dengan judul di atas, mengapa judulnya seperti itu?? Emang gak susah loh sob buat belajar algoritma pemograman. yang terpenting adalah usaha dan do'a hehehe. Tapi serius, jika kita memahami alurnya, semua akan sangat mudah. Algoritma yaitu urutan langkah - langkah yang logis sesuai dengan logika manusia. Seperti misalnya kita makan - ambil piring,sendok,garpu - nasi dan yang pasti ada manusianya hehehe. Algoritma ini sudah sangat membaur di kehidupan sehari, seperti contoh di atas. Selain algoritma ada juga flowchart dan pseudocode, Nah klo 3 kta tersebut itu para pemula yaitu yang baru mengenal pemograman. Sumpah jujur pertama kali saya berkenalan algoritma saya sampai migran 2 kali. itu baru memulai minggu kedua perkuliahan. Tapi saya gak nyerah gitu aja, saya browsing lebih jauh lagi tentang algo, flowch, n pseudo. Kenapa saya browsing, karena dosen saya ngasih soal yang baru di jelaskan satu jam soalnya sudah beda dari yang di jelaskan.
Nih saya kasih contoh sekaligus soal jyang saya kerjakan.
1. Menentukan bilangan genap dan ganjil
 Algoritma :
- Masukan bilangan A
- Bagi bilangan tersebut dengan 2
- Jika bilangan tersebut menghasilkan sisa pembagian 0 maka genap
- jika bilangan tersebut tidak menghasilkan sisa pembagian 0 maka ganjil.

Pseudocode :

- input A
- A = A/2
- if A mod 2 = 0 PRINT GENAP  ELSE PRINT GANJIL

Flowchart :


Flowchart agar kalian tidak bingung sebaiknya menggunakan bahasa yang dari algo. karena untuk pemula supaya mudah mengartikan lebih baik menggunaka algo dari pada bahasa pseudocode.
Dosen saya bilang , mumpung belum terlalu jauh cepat sadar apakah kalian sudah di jurusan yang benar. hahaha koplak.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it