Selasa, 16 Mei 2017

Mengenal Tools Power Designer Untuk Desain Database

  Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang tools yang berhubungan dengan database. Tools apa sih ?? PowerDesigner. Yah PowerDesigner adalah tools yang digunakan untuk kepentingan membuat desain database baik yang berupa konsep , phisical data maupun logical data. Sebelum kita membuat database di MySql maupun PostgreSql dan lain - lain alangkah baiknya kita mencoba tools yang satu ini, kenapa?? karena yang paling utama adalah diagram atau desai atau alur - data yang akan dilalui. Jadi intinyaa sebuah data yang bagus harus ada diagramnya atau desain alur .
Baca juga - tools - tools yang cocok untuk belajar database

Gambar diatas merupakan tampilan awal pertama kita buka PowerDesigner, disitu kita dapa membuat dan membuka file yang tersimpan.
Baca juga -cara membuat inner join menggunakan postgresql


Gambar diatas merupakan workspace yang disediakan untuk membuat desain database yang i=di inginkan.
Fasilitas yang ada yang saya sudah pernah gunakan adalah mengkonversi desain dari Konsep ke Physical artinya saya mengubah desain yang berupa konsep saja di ubah menjadi yang berupa data fisik yang sudah ditentukan seperti primary dan foreign key. Berikut contoh Conceptual desain yang saya buat :


Saya harap gambarnya jelas hahahah. Oke gambar berikut ini merupakan Physical desain yang saya dapat dari Conceptual desain :


Nah seperti itu penjelasannya.Jadi dengan adanya tools ini kita bisa membuat desain sebuah database lebih terarah dan terstruktur lagi.
Jika ada pertanyaan silahkan coret di kolom komentar.
Semoga bermanfaat.










0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it