Sabtu, 02 April 2016

Tugas Akhir Algoritma Dan Pemograman Part 2.




 Nah jika Tugas Akhir Algoritma dan Pemograman Part 1 terdapat 4 proses yang harus dilakukan, untuk yang Part 2 ini tidak terlalu sulit karena sudah ditentukan program yang harus dibuat . Programnya adalah tentu saja saya berhasil dengan sempurna, yaitu mencari nilai genap dan ganjil dengan penginputan menggunakan JOptionPane dan Kondisi If. Penginputan bebas dari pengguna dan angka apa saja, kondisi disini menentukan apakah bilangan yang kita inputkan tersebut ganjil atau genap. Ehh ketinggal 1, yaitu perulangan atau bahasa kerennya Looping. looping tersebut digunakan untuk membuat perulangan sebanyak inputan kita, jadi jika kita menginputkan angka 1 maka loopingnya akan terus mengulang sampai angka yang ditentukan atau batasnya. Mbullet tah. ?? Penasaran seperti apa programnya, oke berikut ini :





Nih saya jelaskan sedikit :
  •  Saya masih menggunakan paket dari Java.Swing.JOptionPane untuk penginputannya.
  •  Input, batas dan pilih merupakan inputan yang menggunakan JOptionPane.
  • int pilih merupakan proses kita memilih apakah 1. Menamplikan semua angka , 2. Menampilkan bilangan genap atau 3. Menampilkan angka genap
  • Disini untuk memudahkan pemilihannya saya menggunakan Switch - case. Tapi kalau menggunakan if - else sebenarnya juga bisa. Pada tiap case terdapat perulangan untuk menampilkan angka inputan kita.
  • Pada case 1 terhubung dengan int pilih inputan 1 yaitu perulangan menampilkan semua angka.
  • Pada case 2 terhubung dengan int pilih inputan 2 yaitu  perulangan menampilkan angka genap yang dimana terdapat sebuah kondisi , jika sisa bagi i dengan 2 sama dengan 0 maka genap yang akan ditampil.
  • Pada case 3 kebalikan dari case 2 yaitu jika sisa bagi i  dengan 2 tidak sama dengan 0 makan ganjil saja yang akan ditampilkan.

Outputnya seperti ini, saya memasukkan input = 2, dan batas = 20. Lalu saya pilih case 3 untuk menampilkan bilangan ganjil saja.



Mudah kan, selamat mencoba ya..


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it