Kamis, 04 Agustus 2016

Latihan Membuat Tampilan GUI Pada Java, Perhatikan Hal Berikut Terlebih Dahulu

  Nah sebelum kita membuat sebuah tampilan GUI , ada beberapa hal yang harus diperhatikan menurut saya. Mungkin hal - hal tersebut sepele tapi jika tidak teliti yahh kemungkinan besar error programnya hahahaha.
Baca juga : Mari Mencoba GUI Pada Pemograman Java
Mungkin langsung praktek yah hehehe :
1. Ketika kita membuat JFrame form baru akan langsung muncul sebuah form kosong. Form itulah yang digunakan untuk menempatkan komponen java, agar form itu ketika dirunning biasakan menaruh JPanel terlebih dahulu gunanya untuk menampung komponen (anggap saja JPanel itu kanvas, sedangkan kuas itu adalah komponen javanya). Biasanya kita lupa menaruh JPanel terlebih dahulu langsung main drag - drop komponen, jadinya ketika dirunning itu biasanya gak muncul.

Kotak yang ditengah itu merupakan JPanel, jadi kita tinggal tarik ukurannya sebesar form yang ada.

2. Ganti nama dan ganti variabel nama itu sama - sama pentingnya menurut saya. Disesuaikan kebutuhan saja misalnya kita ingin membuat sebauh tampilan login berarti kita butuh nama dan password. Lalu variabelnya itu diganti dengan nama variabel yang mudah di ingat (defaultnya kan Jtextfield dari nama sampai nama variabelnya juga sama).


3. Set layout pada panel digunakan untuk membuat rapi tata letak komponen. Jadi terdapat beberapa macam layout salah satunya null layout, null layout saya gunakan untuk membuat background di form. Jadi ketika layoutnya diganti null layout. terdapat pilihan juga layout yang ingin digunakan.


4. Ketika ingin membuat sebuah event handling(event handling nanti akan saya jelaskan di postingan selanjutnya) jangan sampai mendouble klik komponen, taruhlah event tersebut di komponen tertentu saja misalnya pada JButton. Kenapa saya bilang seperti itu ?? karena di tiap komponen bisa kita beri event handling entah itu mouseClicked atau mouseEntered. Terdapat banyak jenis event yang bisa kita gunakan.

Yang sering saya gunakan ialah ActionPerformed heheheh (Itu udah pasti terdapat pada Button pemberian eventnya).
Artikel lain : - Polymorphism Pada Java -
                   -Konsep Inheritance 2 Pada Java -
Jadi dengan mengetahui hal - hal dasar diatas , kita bisa membuat program bagus di GUI java dan pastinya tidak akan eror hahaha.
Semoga bermanfaat.



0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it