Senin, 12 Januari 2015

Bagian - Bagian Gitar Elektrik Up Down

pada postingan kali ini saya ingin menjelaskan mengenai bagian - bagian gitar elektrik tipe Up Down ( karna punya ku sendiri Up Down. hehehehe
oke langsung saja mari kita bahas satu per satu :

1.Headstock : sesuai dengan namanya Head jika diartikan adalah kepala, sehingga bagian ini adalah kepala dari gitar dan fungsinya adalah sebagai tempat untuk Tuning ditanamkan.

2.Tuners/tuning :  adalah bagian dari gitar yang berfungsi sebagai penyetem gitar atau tuning gitar, sehingga bagian ini bisa digunakan untuk menaikan-menurunkan nada.

3. Nut : yaitu sebuah perangkat untuk bersandarnya dawai atau string, sehingga tetap terjaga kerapatannya antara string satu dengan yang lain. Ada dua jenis Nut yaitu tanpa pengunci dan dengan pengunci yang disebut sebagai string locking bridge. Untuk yang dengan pengunci memiliki kelebihan bisa mengunci string agar tuningnya tidak mudah berubah, atau nada akan lebih konstan.

4. Fret : sebuah logam yang terbuat dari baja, yang berfungsi membagi fingerboard menjadi beberapa kolom yang bisa menghasilkan nada yang berbeda.

5. Fingerboard : secara asal kata jika diartikan adalah papan jari, sehingga tentu saja fungsinya adalah tempat untuk meletakan jari agar bisa menghasilkan nada yang dinginkan.

6. Neck : neck sendiri jika diartikan adalah leher, sehingga ini adalah lehernya gitar yang terdiri dari beberapa bagian yaitu Fingerboard, Fret, Nut, tuners.

7. Strings : adalah dawai gitar yang merupakan sumber bunyi utama dari  gitar

8. Body : merupakan tubuh gitar yang pada umumnya tebuat dari kayu, yang juga berpengaruh pada kualitas dan karakter sound gitar

9. Amp cable connector : berfungsi untuk mengkoneksikan antara gitar dan amp maupun effect

10. Volume & Tone control : pengatur besar kecilnya volume dan tone pada gitar

11. Pickup selector switch : saklar pengatur untuk mengaktifkan pickup mana yang akan digunakan, jika ingin

 12. Pickups : perangkat gitar yang memiliki fungsi menangkap getaran dawai dan merubahnya menjadi sinyal elektrik, sehinga kemudian bisa mengeluarkan bunyi pada perangkat penguat suara.

13. Whammy bar (handle) : sebuah aksesoris pada gitar elektrik yang berupa tuas dan berfungsi sebagai pengatur modulasi getaran dawai, sehingga bisa menaikan dan menurunkan nada secara temporal dan juga bisa untuk teknik vibrasi.

14 Bridge :  merupakan tempat untuk menahan dawai pada body gitar, dan juga sebagai tempat untuk memasang whammy bar. Bridge seperti ini dalam perkembangannya ada beberapa jenis yaitu fixed bridge, up down tremolo bridge, down tremolo bridge yang memiliki kelebihan masing-masing dan akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it