Sabtu, 03 Oktober 2015

Cara Mudah Perhitungan Bilangan Dalam Teknik Digital

  Jika sebelumnya saya menjelaskan macam - macam bilangan dalam teknik digital, sekarang saya mau menjelaskan cara perhitungan Bilangan tersebut, Nah cara mudahnya itu saya ibaratkan seperti lingkaran (itu sih cara dari dosen pas di jelasin,hehhe) mungkin langsung praktek di TKP aja ya :


Mudah- mudahan gambarmya jelas hehehehhe..Oke kita mulai dari yang pertama:

1. BINER
   Ya dalam penjumlahan Biner ini kenapa jawabanya nol, yah itulah logika dari nol sampai satu lalu di tambah satu dengan cara muter lagi ke nol . nah putaran terakhir sampai ke nol, itulah hasilnya nol.

2. OCTAL
   Tidak jauh dari yang pertama tapi  pada Octal terdiri dari angka 0 - 7  , hitungan dan cara hitungnya sama seperti pertama yaitu dari nol ke angka 5 lalu ditambah 3 jadi ke angka nol terus ditambah 2 berarti dari nol sampai angka 2. kenapa hasilnya 12 ya karena muternya 1 kali berarti satu ditulis awal , dan muternya berakhir di angka 2, jadinya 12

3. HEXA.
  masih sama juga cara hitungnya seperti yang pertama dan kedua, Tapi batasannya angka 10 tidak termasuk , diganti menjadi ABCDEF. Jadi dari angka nol ke angka 6 lalu ditambah 7 jadi berhenti di D. jadi hasilnya D karena tidak muter lagi.

Menyenangkan dan mudah bukan???? Tapi itu masih awal awalnya aja hehehehe masih banyak perhitungan yang lain.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it