Jumat, 15 Juli 2016

Belajar Pemograman Apa Harus Pinter Komputer Dulu???

  Pertanyaan seperti itu sudah pernah saya terima dari beberapa teman saya . Berhubung saya anak yang mbois (istilah gaul dalam bahasa jawa hahahha), jadi saya menyikapi dengan positif. Nah kembali lagi kepertanyaan diatas , lebih tepatnya judul dipostingan kali ini. Saya rasa tidak harus selalu jago komputer bisa menguasai bahasa pemograman. Anak manajemen, akuntansi maupun sipil (kuliahnya ini yah) itupun bisa belajar pemograman asalkan didasari dengan niat yang sungguh - sungguh. Hal - hal yang lebih dasar lagi, misalnya sekolah menengah. Kalau saya sendiri sih, sekaligus penulis blog alay ini (hahahahaah melebih-lebihkan) berasal dari Lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan komputer dan jaringan. Lalu melanjutkan Kuliah Jurusan TI (Teknik Informatika) , jadi saya sudah ada bekal dan pondasi pengetahuan komputer dari awal. Makanya saya nyambung dengan jurusan yang saya ambil saat ini , tapi bukan hanya itu saya juga sudah niat untuk belajar tentang IT. Upsss malah flashback hehehhe, kembali ke pertanyaan diatas.

  Jadi jika kita tidak pinter komputer berarti tidak bisa belajar pemograman dong??? Jawabannya salah , anak SMA jurusan IPA atau IPS pun bisa mengambil jurusan komputer. Anak SMK jurusan manajemen , administrasi dan lain - lain juga bisa. Asalkan yang perlu digaris bawahi ialah keinginan untuk belajar itu kuat.  Yah memang pasti ada orang yang diawal semester belum terasa tapi setelah semester selanjutnya akan terasa beratnya dijurusan IT dan pastinya akan berpikir "Waduh jurusan IT memang jurusan yang susah ya, aku tidak ada passion disini". Nah seperti itu yang semangat cuman diawal saja. Saran dari saya agar mudah mempelajari bahasa pemograman ialah :

1. Sering keperpus deh, bukan cuman mejeng doang tetapi lihat koleksi buku disana pastinya juga kalian akan bertemu dengan senior - senior disana.
2. Jika perpus kurang sip, kalian bisa download modul di internet. Banyak sekali jika kalian mencari, atau bisa mencari di youtube. Tapi sayangnya diyoutube kebanyakan berbahasa inggris dan saya yakin kalian akan bingung hahahah. Ada juga yang berbahasa indonesia tapi gambarnya kadang ada yang pecah .
3. Sering lakukan sharing, bertukar pikiran dengan senior, komunitas maupun forum - forum belajar yang lainnya.

Dengan melakukan langkah jitu seperti itu , pertanyaan diatas bukan masalah lagi. Tinggal ditepis aja jauh - jauh hehhehe. Baca juga yang ini -Perlukah Kita Menguasai Berbagai Macam Bahasa Pemograman??-
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it