Sabtu, 16 Juli 2016

Bingung Mau Pilih IDE Yang Pas Buat Java?? Coba Lihat Saran Berikut

  Belajar Java pastinya harus memilih IDE yang pas agar belajarnya lebih mudah. IDE merupakan kepanjangan dari Integrated Development Environment adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Jadi tanpa IDE kita tidak bisa memulai membuat program hehehhehe. Berikut beberapa saran yang mungkin bisa kalian coba untuk memulai belajar pemograman :
Baca juga artikel yang ini - Perlukah Kita Menguasai Berbagai Macam Bahasa Pemograman? -

1. Netbeans
 Netbeans bisa dibilang memiliki tampilan yang familiar, tools yang lengkap (Ada GUInya juga,jadi sangat mudah)  dan jelas sehingga memudahkan programmer untuk melakukan coding. IDE ini sangat saya saran kan buat kalian semua yang sedang memulai java. Tapi kebutuhan RAM yang digunakan sampai setengahnya, itu sih dilaptop saya. Karena sudah kebanyakan project yang dibuat didalamnya kali yah heheheh sampai - sampai ketika saya menjalankan netbeans tidak boleh menjalankan  program yang lain, karena lemot pemirsa jadi tidak bisa multitasking heheheh.


2. Eclipse
 Di posisi kedua ada eclipse, yah eclipse juga lengkap untuk tatap antarmukanya hampir sama dengan netbeans. Eclipse juga bisa dibuat pemograman android, tapi jangan dulu deh mending belajar java dulu. Soalnya kalau mencoba android banyak yang musti disiapkan seperti SDK, AVD (lama banget update SDKnya juga kalau minta update, sumpah lama banget). Yang membuat saya suka mencoba Eclipse karena pada penulisan syntaxnya berwarna warni heheheh, jadi ada kesan eksotis hahhhaha. Eclipse banyak serinya seperti juno, luna, mars dan lain - lain.


3. JCreator
 JCreator beda dengan nomor 1 dan 2. Ketika saya mencoba, pemakaian RAM tidak seperti netbeans. Sangat sedikit sekali pemakaiannya. Tapi yah tampilannya kurang oke ,seperti netbeans dan Eclipse. Tapi toolnya juga mudah loh, cocok deh kalau ingin memulai java dengan IDE yang ringan.


4. BlueJ
 BlueJ memiliki lambang seekor burung ya kalau tidak salah hehehe. IDE ini tergolong simpel sama seperti JCreator. Mungkin jika pertama kali mencobanya, kalian pasti bingung bagaimana cara penggunaannya, saya juga bingung pertama kali mencoba sumpah. Jadi di BlueJ, kita harus membuat source code terlebih dahulu lalu di compile jika ada eror maka pesan eror akan muncul dibawah, jika tidak berarti sukses mencompile. Untuk mengetahui seperti apa outputan kita , kita melihatnya dikumpulan classnya lalu merunning diluar source code.


5. DrJava dan Geany
 Saya juga sarankan memakai ini, soalnya tidak terlalu berat untuk belajar java.  Mengenai reviewnya saya masih kurang jelas, karena setiap membuat code masih eror dikit hahahha, maklum masih sama - sama belajar.
                                                                          DrJava 

                                                                         Geany

Sebenarnya IDE untuk Java itu banyak jika kita search di google. Namun 6 diatas tersebut sekedar saran saja, karena saya sudah mencoba itu semua, heheheh bukannya sombong tapi sekedar belajar suasana baru. Buat pemula saran tersebut bagi saya sangat cocok untuk dipertimbangkan.
Oke semoga bermanfaat.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it