Jumat, 15 Juli 2016

Perlukah Kita Menguasai Berbagai Macam Bahasa Pemograman ?

  Pertanyaan itu sering kali terfikirkan oleh saya , kadang muncul begitu saja "Perlukan kita menguasai berbagai macam bahasa pemograman? ". Kalau rakus sih pastinya perlu untuk menguasainya hehehhe bercanda bercanda. Kalau menurut saya , saya jawab perlu. Kenapa perlu menguasai bahasa pemograman bervariasi ?? Bagi mahasiswa jurusan TI, menguasai bahasa pemograman sudah diwajibkan dari awal semester, awal masuk perkuliahan lah. Pemograman yang di ajarkan sesuai dengan SKSnya pun bervariasi misalnya dari pemograman java, Web, Robotic ,Game dan sebagainya . Jadi kita mahasiswa tersebut dituntut harus bisa menguasai minimal 2 bahasa pemograman. Berikut ini saya ambil beberapa poin yang penting saja tentang pertanyaan diatas (dijudul ituloh gan) :

1. Ingin mencoba hal baru
 Alasan pertama saya ialah ingin mencoba hal baru, jika kita hanya menguasai 1 macam bahasa pemograman pastinya akan jenuh bukan?? Ingin sebuah tantangan baru pastinya. Maka dari itu kita perlu mencoba mngutak atik bahasa pemograman yang lain.

2. Bisa mengetahui penulisan syntax
 Menguasai lebih dari 1 bahasa pemograman sangatlah bagus, dari situ juga kita bisa belajar mengetahui perbedaaan penulisan syntax antara bahasa pemograman 1 dan yang lainnya. Misalnya penulisan perintah untuk mencetak pada java kita mengenalnya System.out.println sedangkan pada bahasa C++ menggunakan perintah cout. Beda lagi dengan bahasa HTML(Pemograman Web).


3. Bahasa pemograman akan selalu update setiap saat
 Ini saya dapat dari dosen saya pas semester 1 jadi begini ucapan yang keluar dari mulutnya "Jika kalian hanya terpaku pada 1 macam bahasa pemograman, maka kalian tidak akan beruntung. Kenapa?? Seperti saya contohnya, saya menguasai bahasa pascal dulu. Tapi sekarang bahasa pascal kalah dengan bahasa java maupun android. Jadi saya harus belajar lagi untuk menguasai bahasa java dan android. Bahasa pemograman pasti akan selalu ada yang lebih mudah pembelajarannya dari pada yang kita pelajari saat ini". Wehh bagaimana bagus banget kan kata - katanya hehehehhe.

4. Tidak ada jaminan kita akan bekerja sesuai bahasa pemograman yang kita pelajari
 Ini nih poin yang penting buat saya, soalnya memang benar tidak ada jaminan jika kita akan bekerja sesuai kemampuan pemograman yang kita bisa. Misalnya kita pada bahasa java, lalu klien kita memesan sebuah website kepada kita,kan tidak mungkin kita belajar dulu baru buat. Nah disitu lah gunanya jika kita menguasai bahasa pemograman yang lain.

Nah itu alasan saya mengapa kita perlu menguasai berbagai macam bahasa pemograman. Yang perlu diingat ialah belajar bahasa pemograman itu sama halnya belajar naik sepeda, tidak langsung bisa dan jago bersepeda tetapi harus jatuh - jatuhan dulu. Sama halnya belajar pemograman , kita harus tahu dulu dasar - dasar pemogramannya. Yah itu saja yang bisa saya postingin kali ini baca juga yang lainnya yah.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it