Minggu, 24 Juli 2016

PolyMorphism Pada Java Bagian 2

 Pada postingan kali ini saya ingin menjelaskan tentang Polymorphism pada java. Lebih tepatnya modifikasi dari polymorphism di penjelasan sebelumnya (Baca disini : Polymorphism Pada Java) . Untuk Polimorphism bagian 2 ini kita akan mengoverriding method yang ada di superclass dan menambahkan parameter di tiap subclassnya. Bagaimana caranya ??? caranya sama seperti postingan sebelumnya yaitu penulisan nama method harus sama , lalu bedanya dari penjelasan yang pertama yaitu di postingan ini kita menambahkan parameter ditiap subclassnya dan parameter tersebut bisa berbeda dari subclass lainnya . Bingung kan ?? Oke langsung ke contoh source codenya saja yah :
Superclass saya beri nama class Lingkaran dengan isi atribut diatas dan method luas berparameter int r. lalu kelas kedua atau subclassnya saya beri nama tabung.

Class tabung mewarisi class lingkaran. Karena untuk mencari luas tabung kita membutuhkan tinggi, kita tambahkan int t untuk tinggi di parameter method luas yang diakses dari class lingkaran.

-Contoh Program Java Untuk Melihat Gaji Karyawan Menggunakan Polymorphism-

Di class main merupakan pembuatan objeknya, yaitu pada method yang dipanggil di class ini parameternya mengambil nilai. Nilai yang di inputkan atau mengambil dari method setter lalu dipanggil menggunakan getter seperti potongan program diatas. Hasil ketika dirunning seperti berikut :

Karena menggunakan Math.pi jadi bilangan di belakang komanya banyak sekali hehehh (nanti saya jelasin juga perinta Math.pi dan Math.pow). Dari penjelasan dan contoh program diatas bisa dimengerti bukan??
Jangan lupa dishare yah. Semoga bermanfaat.



0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it