Rabu, 20 Juli 2016

Contoh Program Java Untuk Menerapkan Konsep Multilevel Inheritance

 Pada postingan sebelumnya pembahasan mengenai konsep single inherintance yaitu Contoh Program Penerapan Konsep Single Inheritance Pada Java, pada multilevel inheritance sebenarnya hampir sama dengan Single inheritance bedanya hanya pada kelas turunannya serta posisi turunannya hehehhehe, untuk penjelasan mengenai  multilevel inheritance dapat di baca pada postingan Konsep Inheritance Bab 2. Oke langsung ke program javanya ya , berikut ini :

Superclassnya saya beri nama class nilai hasil dengan atribut yang berhak akses private, dan method setter dan getter serta method yang menyimpan sebuah perhitungan nilai.

Sedangkan kelas turunan pertama saya beri nama class Nilaiproses, yang memiliki atribut seperti gambar diatas, method perantara setter dan getter serta method yang menyimpan sebuah nilai. class NilaiProses mengextends ke kelas NilaiHasil.

Pada kelas ini merupakan class yang mewarisi dari class NilaiProses. Jadi di class ini semua atribut , method yang ada dikelas sebelumnya bisa di akses dari class ini, intinya class ini sudah mencakup apa yang dipunya di class nilaihasil dan nilaiproses. Pada class NilaiAkumulasi ini, terdapat method sebuah kondisi dimana jika hasil perhitungan antara hasil yang ada dimethod class nilaihasil dan method di class nilaiproses lebih besar dari angka yang sudah disediakan maka yang cocok nilainya yang akan di cetak pernyataannya.

Class main ini merupakan pembuatan objek agar program java yang dibuat tadi bisa dirunning. Fungsi method setter dan getter seperti yang ada di class main tersebut. Set digunakan untuk mengatur atau menginputkan nilai sementara, agar bisa di panggil atau dicetak maka digunakanlah Get. Jadi itu fungsinya Setter dan Getter.
Hasil output ketika kita running program javanya :

Jadi kesimpulannya ialah dari kelas C turunan dari kelas B, lalu kelas B merupakan turunan dari kelas A, kelas A merupakan Superclass. Jadi kelas C sudah mewarisi apa yang dipunya dikelas B dan kelas A.
Sudah jelas bukan?? Jadi itu merupakan contoh program untuk konsep multilevel inheritance, dengan konsep seperti itu kita bisa membuat program lebih mudah dan tertata rapi lagi.
Semoga bermanfaat ya.










0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it