Sabtu, 23 Juli 2016

Contoh Program Java Untuk Melihat Gaji Karyawan Menggunakan Polymorphism

 Untuk penjelasan polymorphism sudah jelaskan pada postingan sebelumnya, yang ini - Polymorphism Pada Java - . Menggunakan konsep polymorphism sangat efektif menurut saya karena dengan satu method bisa di overriding ke kelas turunannya. Bingung tah?? Oke langsung saja ke source code berikut ini :
Kelas pegawai merupakan kelas utama yaitu superclass. Gaji tersebut berada di dalam method infoGaji( ) ,karena tidak ada inputan dari setter maka otomatis langsung mengambil nilai dari constructor. Lanjut ke kelas kedua .
Artikel terkait : -Yuk Belajar Konsep Enkapsulasi dan Constructor Pada Java-
Dikelas manager terdapat tambahan atribut dan nilai yaitu tunjangan. Lalu method infoGaji di tulis ulang lagi dengan nama yang sama dan jangan lupa untuk kata kunci @override agar polymorphism tidak error.


Karena menggunakan konsep single inheritance, maka constructor yang ada di kelas manager tidak berlaku di kelas programmer. Dikelas ini juga terdapat sebuah tambahan atribut yaitu bonus. Dengan penulisan method yang sama dan ditambah bonus . Untuk kelas mainnya seperti berikut ini :
Artikel terkait : -Konsep Inheritance Bab 1- 
Tahap terakhit yaitu pembuatan objek dari tiap kelas yang sudah dibuat tadi. Manager man dan programmer prog merupakan pengobjekan, sedangkan didalam kurung tersebut merupakan inputan dari constructor. Ketika dirunning akan seperti ini :

Bagaiman cukup jelas bukan uraian dari program diatas.
Semoga bermanfaat.



0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it