Rabu, 20 Juli 2016

Contoh Program Penggajian Karyawan Menggunakan Multilevel Inheritance Pada Java

  Program berikut ini masih menggunakan konsep multilevel inheritance, kok bisa?? karena konsep multilevel inheritance itu mempermudah kita membuat class hehehhe. Sebenarnya contoh program sudah saya buat pada postingan sebelumnya yaitu : -Contoh Program Untuk Menerapkan Konsep Multilevel Inheritance Pada Java-  tapi program yang ini merupakan versi lain, jadi kita harus bisa explorasi apa yang sudah kita ketahui dan membuat sekreatif mungkin dengan program yang berbeda hehehhe (cek ketok arek mbois hehehhe).  Oke berikut ini contoh program yang saya buat yaitu untuk mengetahui gaji karyawan sebuah perusahaan .

Kelas pertama saya beri nama class Staf, pada class Staff  terdapat atribut gaji pokok dan tunjangan kehadiran. Constructor tersebut untuk memberikan sebuah nilai, nilai yang dimana jika kita tidak menginputkan menggunakan setter maka nilai yang di constructor yang akan di ambil seperti gaji pokok.
artikel terkait : -Contoh Program Sederhana Tentang Method Dalam Java                           -Contoh Program Penerapan Single Inheritance Pada Java
Yang tunjangan kehadiran kan juga ada di constructor??? iya tapi kan ada inputan method setter, jadi jika sudah disetter constructor tidak akan muncul. Seperti kata dosen saya, "ingat constructor itu bukan sekedar pajangan mbak, mas".

Class manager meng extends ke class Staff, jadi class ini merupakan turunan dari class Staff. Nah karena di class Staff terdapat constructor, maka di kelas turunannya juga mewarisi constructor tersebut dengan penamaan variabel yang sama. Tapi di class ini terdapat tambahan atribut yaitu tunjanganRumah dan sebuah method yang memanggil method takehomepaystaff + tunjanganRumah, tapi jangan lupa kata kunci super untuk memanggilnya.


Class direktur merupakan class yang mewarisi class manager, jadi yang ada di class manager baik itu atribut maupun method di class ini juga bisa mengaksesnya. Constructor juga, class ini juga mewarisi constructor yang ada di class manager.  Dengan tambahan atribut tunjanganMobil.
Lalu seperti apa class mainnya?? Oke berikut ini penulisannya :

class main menggunakan metode inputan Scanner, objek dulu dibuat lalu dipanggil deh method setternya. Nah constructor yang tadi dibuat di tiap class, pada class main akan berbentuk sebuah objek atau nilai bukan lagi sebuah tipe data dan variabel. Itu sudah urut mulai dari yang pertama itu merupakan gaji pokok, lalu tunjangan , tunjangan rumah dan tunjangan mobil. Untuk mencetak gaji yang diterima tiap karyawan kita tinggal memanggil method yang sudah dibuat tadi. Gampang toh ruekkk. Jadi itu modifikasi program yang saya buat hehehhe, sebenarnya banyak contoh permasalahan yang bisa kita buat jika kita mau. Belum dipahami silahkan tinggalkan tulisan dikolom komentar heheheh.
Oke semoga bermanfaat ya.





 

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it