Kamis, 20 Maret 2014

EnGenius ESR750H : Dual Band dan Cukup Cepat

Foto: Steven Irwandi
Foto: Steven Irwandi
EnGenius ESR750H ini adalah salah satu varian wireless router tertinggi dari jajaran wireless router keluaran EnGenius saat ini. Wireless router ini juga diklaim mampu menghasilkan throughput yang lebih tinggi dibandingkan varian lain yang ada di bawahnya.
Sebelum menguji EnGenius ESR750H, kami sudah pernah menguji beberapa varian wireless router EnGenius lainnya seperti ESR150H dan ESR600H di beberapa edisi lalu. Dari sisi tampilan, EnGenius ESR750H ini memiliki bentuk yang mirip dengan saudaranya itu. Namun, wireless router ini memiliki dua buah antena yang lebih besar untuk menghasilkan daya jangkau yang lebih luas. Kedua antena yang tersedia juga bisa dilepas apabila Anda ingin menggantinya dengan yang lebih besar.
Wireless router EnGenius ESR750H ini mendukung koneksi dua pita 2,4 GHz dan 5 GHz yang bisa berjalan secara bersamaan. Wireless router ini mendukung koneksi nirkabel 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Pada pita 2,4 GHz, wireless router ini mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga 300 Mbps, sedangkan pada pita 5 GHz hingga 450 Mbps.
Di bagian belakang, EnGenius ESR750H memiliki empat buah port LAN dan satu buah port WAN. Seluruh port tersebut telah mendukung kecepatan gigabit. Selain itu, wireless router ini juga masih menyediakan sebuah port USB 2.0.
Port USB 2.0 yang tersedia pada wireless router ini bisa digunakan untuk memasangkan perangkat seperti media simpan eksternal atau printer. Anda bisa mengonfigurasi fungsi USB ini melalui panel kontrol web yang tersedia. Selain mengatur fungsi USB, di panel kontrol web ini Anda juga bisa mengatur beberapa konfigurasi lain seperti QoS, VPN, dan DMZ. Wireless router ini juga mendukung feature virtual SSID yang memungkinkan Anda membuat beberapa SSID virtual dalam satu jaringan.
Wireless router EnGenius ESR750H ini memiliki kinerja yang terbilang baik, terutama dalam hal daya jangkaunya. Antenanya yang besar membuat wireless router ini mampu memancarkan sinyal dengan daya jangkau yang cukup luas. Throughput-nya pun bisa dibilang lumayan dengan kecepatan maksimum sekitar 63,442 Mbps. Hal ini terlihat saat perangkat ini diuji pada pita 5 GHz menggunakan sebuah wireless adapter yang mendukung koneksi 802.11n.

Plus     : Daya jangkau baik, pita ganda 2,4 GHz dan 5 GHz, ada port USB 3.0, port LAN gigabit.
Minus : Response time agak lambat.


Gigabit  Seluruh port LAN yang ada pada EnGenius ESR750H telah mendukung kecepatan gigabit.
Gigabit
Seluruh port LAN yang ada pada EnGenius ESR750H telah mendukung kecepatan gigabit.

Lumayan cepat  Dengan kecepatan maksimal sekitar 63 Mbps, wireless router ini memiliki kinerja yang lumayan cepat.
Lumayan cepat
Dengan kecepatan maksimal sekitar 63 Mbps, wireless router ini memiliki kinerja yang lumayan cepat.

Multifungsi   Port USB 2.0 yang ada bisa Anda gunakan untuk memasang printer atau media simpan eksternal.
Multifungsi
Port USB 2.0 yang ada bisa Anda gunakan untuk memasang printer atau media simpan eksternal.


Spesifikasi
Standar 802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor 1 x WAN; 4 x LAN; 1 x USB 2.0;
Kecepatan  transfer data Maksimal 750 Mbps
Feature Virtual SSID; QoS; DHCPserver; WPS; Firewall; MAC address filter
Kelengkapan Power adapter; Kabel RJ45; CD Manual & Buku Panduan
Garansi 18 bulan
Situs web www.engenius.co.id
Harga  (kisaran) -

 

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it