Rabu, 17 Agustus 2016

Dasar - Dasar Pada Pembuatan Tampilan GUI Pada Java Netbeans

 Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang dasar - dasarnya agar tampilan GUI itu menarik dan tertata rapi. Mungkin ini bisa disebut tips ya hehehe, ya tapi tidak masalah lah meskipun seperti postingannya. Oke seperti apa tipsnya , nih berikut saya sajikan :
1. Cara membuat judul atau title pada tampilan GUI ketika tampil jendelanya .

Nah pada jendela GUI yang muncul terdapat judul (title ) yang muncul yaitu Percobaan GUI. Caranya adalah menambahkan code "setTitle" setelah code initComponents pada public class JFrame form seperti pada gambar diatas.  Lanjut pada tips kedua .

2. Cara mengatur tata letak tampilan jendela GUI
 Seperti apa tampilannya ? berikut tampilannya .

 Yap, seperti itu tampilannya dengan menambahkan code dan diletakkan dibawah tips yang nomor 1. Codenya ialah "setLocation (. . . , . . . .)", titik tersebut bisa kalian atur sesuka kalian dan nilai itu merupakan nilai untuk kiri dan atas. Pada tampilan diatas saya memberi nilai ( 400, 50) jadi artinya dari kiri sejauh 500 dan dari atas sejauh 50.

3.  Cara agar Tampilan GUI yang muncul tidak bisa di perbesar
Nah yang ini merupakan cara agar tampilan yang muncul itu jadi paten maksudnya tidak bisa di perbesar maupun dperkecil jendela tampilannya. Berikut tampilannya .
Nah, bagaimana caranya ?? kita tambahkan code setReziable ( ) . Dalam kurung tersebut terdapat sebuah boolean (logika) antara true dan false, jika true otomatis jendela tersebut bisa diperbesar jika sebaliknya maka tombol untuk memperbesar akan mati seperti contoh pada tampilan diatas.

4. Cara menambahkan background keren pada tampilan GUI
 Hal pertama yang kalian lakukan ialah panel pada Jframe formnya kalian ganti dulu layoutnya menjadi null layout, seperti ini :

Nah selanjutnya kalian buat JLabel lalu kosongi saja JLabelnya seperti ini :
Oke, lanjut ke tahap selanjutnya . Klik kanan JLabel tersebut lalu pilih properties. Nah pada properties , kalian cari "icon" lalu klik saja titik - titik yang ada dikotak sebelah "icon".

Setelah itu kalian akan dibawa ke jendela untuk upload gambarnya, usahakan gambar yang kalian punya HD yahh, supaya bagus hasilnya .
Setelah kalian memilih gambar , kalian tinggal klik "Ok" saja. Setelah itu akan muncul gambarnya pada JLabel tersebut seperti dibawah ini :
Nah, langkah terakhir ialah kalian tinggal tarik ukurannya agar seukuran dengan panel kalian. Biasanya saya menambahkan background tersebut pada akhir setelah membuat komponen - komponen lain.
Baca juga :  - Program GUI Membuat Menu Login Sederhana Pada Java Netbeans
                  - Program GUI Untuk Menampilkan Inputan Pada Java Netbeans
Nah seperti itu tips dan dasar - dasar yang perlu kalian ketahui untuk para pemula heheheh. Semoga kalian semua betah ya belajar pemograman dari awal dan semoga tambah beta berlama - lama di blog sederhana ini heheeh.
Semoga bermanfaat.













0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it