Senin, 01 Agustus 2016

Mari Mencoba GUI Pada Pemograman Java

  Yeehhhhhhhh,,akhirnya masuk GUI , kenapa senang ?? karena pemograman yang sebenarnya baru dimulai. Nah lohh?? Pada GUI kita akan di perkenalkan beberapa tampilan yang mungkin kita akan suka mendesain. Jadi GUI pada java sudah membuat sebuah tampilan dekstop sederhana maksudnya masih belum ada tambahan seperti data base. Lalu seperti apa GUI dan bagaimana cara membuatnya ?? Untuk membuat sebuah tampilan maka kelas yang harus dibuat bukan class java lagi tapi kita beralih JFrame form. Gampang kok buatnya tinggal klik new project pada package yang dipilih lalu pilih JFrame form selesai. Berikut tampilan awal ketika sudah dibuat JFrame form :


Dari tampilan tersebut terdapat pada sebelah kanan jendela properties dan jendela palette. Jendela properties digunakan jika kalian ingin mengedit teks , merubah warna dan sebagainya. Sedangkan Palette digunakan untuk mendrag - drop komponen GUi misalnya JPanel, JTextfield, JLabel dan lain - lain.
Tapi sebenarnya untuk membuat sebuah tampilan GUI menggunakan source code juga bisa, maksudnya kita bikin sendiri dari lebar jendela yang akan muncul lalu JLabel - Jbutton (yang dibutuhkan saja mungkin yah) tapi menurut saya itu terlalu rumit (serumit kisah asmaraku hahahah). Sedangkan saya sarankan menggunakan JFrame form saja karena lebih mudah dan tinggal mendrag - drop komponen yang di butuhkan.
Baca juga  : -Polymorphism Pada Java Bagian 2-
                  -Polymorphism Pada Java Bagian 1-
Yah mungkin itu saja bisa dipostingin buat kali ini heheheh, pasti nanti saya update lagi tentang java terbaru dari saya. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it