Sabtu, 06 Agustus 2016

Mengenal IDE Bluej Untuk Pemograman Java

  Belajar pemograman java tentunya harus memilih menggunakan tools apa untuk membuat program, misalnya menggunakan netbeans, atau eclipse. Tetapi jika kita menggunakan tools tersebut itu penggunaan RAMnya juga cukup besar (sudah saya jelaskan kok dipostingan IDE Yang Pas Untuk Belajar Pemograman Java ) . Nah kali ini saya akan menjelaskan sebuah tools yang bernama Bluej. Untuk penjelasan detailnya kalian bisa searching di google hehehh, saya ingin menjelaskan singkatnya saja.


Nah dari startingnya saja kita tahu bahwa tool ini buatan dari Universitas Kent dan dapat dukungan dari Oracle. Nah itu ketika start upnya, untuk jendela membuat program , class dan lain - lainnya seperti ini :

Nah disitu saya membuat beberapa class dan package, yang warna gelap merupakan package sedangkan yang terang adalah class. Jadi kita bisa membuat class tanpa membuat package terlebih dahulu contohnya pada class Vian, di class ini saya membuat source code seperti berikut :


Sebelum dirunning sebaiknya di compile terlebih dahulu, soalnya tools ini tidak akan memberi peringatan kode eror sebelum di compile dan pastinya ketika dirunning tanpa di compile kemungkinan besar akan eror programnya. Ketika dirunning seperti ini hasilnya :

Berbeda dari Netbeans dan Eclipse, cara merunning agaknya ekstrim menurut saya heheheh. Pada class yang ingin dirunning klik kanan lalu pilih yang public static void main ( ).


Untuk package juga sama, kita buat package dulu lalu dalam package kita buat class - classnya.
Cukup sulit juga tapi kita bisa belajar detail mulai dari syntaxnya sampai besar kecil huruf codenya.
Oke postingannya sampai di sini dulu, semoga bermanfaat.
- Belajar Pemograman Apa Harus Pinter Komputer Dulu?? -http://vian-jaringan.blogspot.co.id/2016/07/belajar-pemograman-apa-harus-pinter.html


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it