Senin, 08 Agustus 2016

Program GUI Membuat Menu Login Sederhana Pada Java Netbeans

   Pada postingan kali ini saya akan membahas sebuah contoh program menggunakan GUI membuat login sederhana. Seperti apa caranya ?? Nah berikut ini contoh programnya :
Artikel terkait :
Pertama - tama kalian buat tampilan seperti berikut ini :

Desain tersebut terdiri dari JLabel untuk Menu Login, Nama dan Password. JTextfield pada kolom untuk Nama sedangkan Password menggunakan Password field. JButton digunakan untuk tombol login dan cancel dan tetap JPanel sebagai latar belakang dari komponen yang sudah dibuat tadi. Agar mempermudah memanggil variabel untuk mengambil inputan , ganti nama variabel JTextfield, Password field dan JButton.
Pada button Login kita beri event handling untuk mengeksekusi inputan dari pengguna, berikut source codenya :

Jadi pada source code diatas terdapat sebuah kondisi dimana varibel nama dan password jika sesuai dengan yang kita tentukan maka akan mencetak "Selamat anda berhasil login". Sedangkan jika salah maka akan muncul  pesan "Nama atau Password salah". Ini hasilnya ketika dirunning :

Itu jika berhasil, jika salah maka akan mucul seperti ini :


Yap itu contoh program login menggunakan tampilan GUI sederhana. Untuk postingan selanjutnya masih akan membahas GUI juga hehehehe mungkin agak lebih keren lagi . Oke sekian dulu postingannya, jangan lupa like and share yah.
Semoga bermanfaat.








0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it