Sabtu, 20 Agustus 2016

Program Warung Sederhana Menggunakan Java Netbeans

 Ohayuu semuannya, bisa nulis lagi nih ceritanya. Oke pada postingan kali ini saya ingin memahas sebuah program warung sederhana menggunakan java netbeans. Program tersebut program yang saya buat untuk project pemograman java pada UTS semester dua. Yahh pembahasan itu menggunakan materi - materi sebelumnya seperti Konsep kelas dan objek, method, inherintance 1 maupun 2. Sangat menguntungkan sih bagi saya sendiri , soalnya programnya sudha tertata dengan baik. Maksudnya itu pembagian di class classnya jadi rapi, misalnya pada class pertama berisi inputan makanan, lalu class kedua berisi minuman dan lain - lain. Bingung yahh??? Oke langsung saja bahas programnya berikut ini hehehe :

Artiel terkait :
Pada class pertama saya beri nama class Makanan, berikuit source codenya :


Nah isi dari dalam class Makanan ada atribut , constructor, method perantara setter dan getter serta method untuk menghitung sebuah nilai atau harga. Perhitungan itu contohnya seperti protected int baksopecel ( ) berarti merupakan perhitunan antara total harga bakso dan harga pecel.  Mungkin tak perlu di jelaskan lagi apa itu atribut, method dan constructor heheheh. Oke lanjut class selanjutnya yaitu class minuman , berikut source codenya :


Untuk jumlah inputan orang / banyaknya pemesan berbeda antara class makanan dan class minuman, jadi inputan banyka orang ada dua yaitu banyak orang untuk class Makanan dan banyak orang untuk class Minuman. Penjelasannya sama dengan class makanan yaitu tentang atribut , method ,aupun constructor heheheheh. Nah untuk class terakhir yaitu class Memilih, berikut source codenya :












Nah pada class memilih ini merupakan class untuk menghitung pilihan makanan dan minuman, contohnya method "menu4 ( ) untuk menghitung jika pilihan makanan pecel dan minuman es campur. Konsep class turunan yang dipakai ialah Multilevel Inheritance dari class makanan turun ke class minuman lalu turun ke class memilih, dan class terakhir ialah class main untuk membuat objek .
 Itu class mainnya hanya saya buat untuk memilih satu menu makanan dan satu menu minuman hehehe (bukannya malas tapi ini kan cuman sekedar contoh heheheh, silahkan dimodifikasi sendiri hehehe ). Jadi class main diatas itu memanggil atribut maupun method dari class yang sudah dibuat dengan cara membuat objek terlebih dahulu, objek diatas saya menggunakan class terakhir yaitu memilih dengan nama objeknya milih. Oke langsung running saja kali yah .

Kita diminta memilih salah satu menu makanan, saya memilih 1 yaitu Bakso. Next running :

Jumlah pesanan ini , untuk mengetahui banyak pesanan untuk class makanan saja. Next :
Disini terdapat pertanyaan "Apakah anda ingin memesan minuman ? " jika ya maka akan muncul jendela swing lagi, jika tidak maka yang akan tercetak hanya harga makanan saja. Next :

Jendela ini yang akan muncul jika kita ketik ya pada dialog sebelumnya , saya memilih 1 yaitu Es teh. Next

Nah pada masukkan jumlah pesanan yang ini untuk class minuman saja. Jika sudah di isi semua maka akan tercetak seperti ini : 
Yahh dengan menggunakan konsep - konspe yang sebutkan diatas tadi (Paling atas hehehe) kita membuat program lebih tertata rapi lagi karena sudah dipisah antara method untuk class ini dengan methdo class lain. Class main hanya digunakan untuk pengobjekan saja , jadi semua proses sudah terjadi di dalam class mungkin di class main hanya untuk mempercantik tampilan saja heheheh .
Oke cukup mudah dan jelas bukan tentang programnya hehee.
Semoga bermanfaat yaaa. 



 


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it