Rabu, 27 Agustus 2014

Apa itu HTML????



 Di sini saya ingin menjelaskan apa itu HTML?? buat para pemula yang baru belajar, Yuk di simak.
 HTML (Hypertext Markup Language) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mengatur browser bagaimana sebuah halaman ditampilkan di internet. HTML merupakan cabang dari bahasa yang lebih besar, SGML (Standard Generalized Markup Language). Sebagaimana tujuan awalnya untuk mengatur tampilan sebuah dokumen, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman untuk membuat program yang dapat berdiri sendiri. Sehingga beberapa fitur bahasa pemrograman pada umumnya seperti pemilihan kondisi dan perulangan tidak tercakup disini. Sehingga HTML harus disandingkan atau dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain untuk membuat sebuah program yang berbasis web.

Pada bab berikutnya kita akan membahas lebih lanjut bagaimana HTML bekerjasama dengan bahasa lain untuk membuat sebuah program berbasis web.

 Struktur HTML
Pemrograman HTML tidak lepas dari label berkurung yang populer dengan sebutan tags, berikut adalah sebuah contoh dokumen HTML sederhana:

<html>
  <HEAD>
     <title>Contoh dokumen</title>
  </HEAD>

  <body>
    Ini adalah contoh sederhana dari sebuah dokumen HTML
  </body>
</html>
Pada dokumen diatas, ada beberapa sifat dasar dari sebuah dokumen html :
  1. Diawali dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>. Untuk tag yang paling awal menjelaskan bahasa dari dokumen tersebut, untuk bahasa pemrograman lain juga akan memiliki namanya sendiri. Tag pembuka dan penutup dibedakan dengan adanya tanda “/ “ di penutup tag.

  1. Terdiri dari dua bagian yaitu Head dan Body. Head menjelaskan informasi-informasi yang akan dicantumkan dalam sebuah dokumen, sementara pada Body berisi informasi yang ingin ditampilkan dalam sebuah dokumen.

  1. Besar kecilnya huruf tidak berpengaruh dalam penulisan tags.

 

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it