Sabtu, 23 Agustus 2014

What's System Call????



Layanan Sistem Operasi (untuk user)
¨  Pembuatan Program (Program Builder)
¨  Eksekusi Program
¨  Operasi I/O
¨  Manipulasi System File
¨  Komunikasi
¨  Deteksi & Penanganan Error
            ( End Process, Try Again, Send Report )

Layanan Sistem Operasi (untuk system)
¨  Alokasi Sumber Daya
¨  Accounting
¨  Proteksi
System Call adalah sebuah sistem yang menyediakan interface (antar muka) antara program (user program yang berjalan) dan bagian SO. System call menjadi jembatan antara proses dan SO . System call biasanya tersedia dalam bentuk instruksi bahasa assembly.
Tiga metode umum yang digunakan dalam memberikan parameter kepada sistem operasi :
¨    Melalui register
¨  Menyimpan parameter dalam block atau tabel pada memori dan alamat block tersebut diberikan sebagai parameter dalam register
¨  Menyimpan parameter (push) ke dalam stack (oleh program), dan melakukan pop off pada stack (oleh sistem operasi)
Jenis System Calls
¨  Kontrol Proses
¨  Managemen File
¨  Managemen Piranti
¨  Informasi Maintenance
¨  Komunikasi ( message-passing / shared-memory )
Kernel adalah Bagian dari SO yang mengeksekusi system program disebut Kernel atau Nucleus. Sering juga disebut sebagai inti dari suatu SO. Menyediakan layanan untuk semua tugas yang harus dilaksanakan oleh SO .
Struktur Sistem Operasi
Menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne :
¨  Stuktur Sederhana
¨  Pendekatan Terlapis
¨  Mikrokernel
Banyak sistem yang tidak terstruktur dengan baik, sehingga sistem operasi seperti ini dimulai dengan sistem yang lebih kecil, sederhana, dan terbatas. Kemudian berkembang dengan cakupan yang original. Contoh : MS-DOS, UNIX .Sistem operasi dibagi menjadi sejumlah lapisan yang masing-masing dibangun diatas lapisan yang lebih rendah. Lapisan yang lebih rendah menyediakan layanan untuk lapisan yang lebih tinggi. Lapisan yang paling bawah adalah perangkat keras, dan yang paling tinggi adalah user-interface.
Metode Mikrokernel
¨  Metode ini menyusun sistem operasi dengan menghapus semua komponen yang tidak esensial dari kernel, dan mengimplementasikannya sebagai program sistem dan level pengguna. Hasilnya kernel yang lebih kecil
¨  Pada umumnya mikrokernel mendukung proses dan menajemen memori yang minimal, sebagai tambahan untuk fasilitas komunikasi.
¨  Fungsi utama mikrokernel adalah mendukung fasilitas komunikasi antara program klien dan bermacam-macam layanan yang juga berjalan di user space.
¨  Salah satu keuntungan mikrokernel adalah ketika layanan baru akan ditambahkan ke user space, kernel tidak perlu dimodifikasi. Kalau pun harus, perubahan akan lebih sedikit


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it