Selasa, 26 Agustus 2014

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi



  Perkembangan dan penggunaan teknologi tentu saja membawa dampak bagi kehidupan sehari – hari. Sumber informasi menjadi lebih beragam dan luas , jarak dan waktu bukan lagi merupakan kendala utama. Munculnya system penjualan atau pembelian serta pembayaran online, mengadakan rapat secara  bersamaan dan berlangsung dari tempat yang berbeda, perubahan dalam bidang hokum dan perundang –undangan , pertukaran dan asimilasi nilai – nilai budaya yang cepat. Selain dampak positif, terdapat juga dampak negative yang di timbulkan dari adanya teknologi yang perlu kita ketahui sebagai bahan pelajaran agar kita lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi tersebut. Berikut Contohnya :
1.Munculnya kejahatan lewat internet, misalnya pembobolan rekening bank, kartu kredit, penipuan perdagangan lewat internet.
2. Pemalsuan atau pembajakan program aplikasi atau produk – produk teknolgi karena masih lemahnya implementasi undang – undang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).
3. Penyalahgunaan informasi pada penggunaan tertentu karena pada dasarnya, filter penting untuk mengakses informasi lewat internet adalah kematangan etika dan moral pengguna. Situs dewasa dapat di akses anak di bawah umur merupakan kasus kecerobohan dalam memfilter akses internet.
4. Untuk tingkat perekonomian di Indonesia , Perangkat teknologi informasi dan komunikasi di nilai masih cenderung mahal, jadi masih banyak yang belum mengenal perkembangan teknologi , terutama di daerah- daerah yang jauh dari pusat kegiatan perekonomian.
5. Munculnya  ketakutan akan gagap teknologi melahirkan generasi yang penuh gengsi dan mendahulukan prestise daripada fungsi dan manfaat sehingga memicu pola hidup boros.
Yah, mungkin itu saja yang saya bisa postingin untuk kali ini. Semoga bermanfaat.


#Ikuti Google+ saya yah, thankz J


0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it