Minggu, 24 Agustus 2014

Sejarah singkat Perkembangan Teknologi Komunikasi.



  Selamat pagi kawan kawan semua, yah lama tidak posting tutorial yang baru karena sibuk dengan ini itu hehehe. Banyak masalah gan, jangan melakukan semua sendiri jika dalam masalah akibatnya buntu pikirannya. Oke langsung saja kali ini saya postingin Sejarah singkat perkembangan Teknologi komunikasi. Perkembangan hidup manusia di iringi oleh dengan perkembangan cara – cara berkomunikasi . hal ini mengingat status terciptanya manusia sebagai makhluk social yang tidak lepas dari interaksi dengan orang lain. Dimulai dengan kehidupan paling sedrhana, yaitu melukis bentuk atau mengambar di dinding – dinding goa, isyarat suara, tanda – tanda dengan batu, atau kayu ,huruf, kata-kata, kalimat, bahasa , tulisan, surat, telegram, sampai dengan pengguna telepon, handphone, dan internet. ( kok malah menjurus ke pelajaran IPS yah, hahahaha).
Masa Prasejarah
  Komunikasi dan penyampain informasi pada masa ini mendasar pada bentuk – bentuk fisik benda yang dikenal. Manusia Prasejarah menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding – dinding goa , tentang berburu, dan binatang buruannya. Benda – benda yang ada di sekelilingnya di identifikasi, di tiru dengan bentuk –bentuk yang mewakili wujud benda itudan di luksi di dinding goa tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahsa hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tubuh, terutama tangan dan kaki.
Masa Sejarah
  Pada masa ini , teknologi sudah mulai di gunakan , tetapi sederhana dan hanya kalangan tertentu saja yang menggunakannya, misalnya :
1.Simbol – symbol piktograf yang digunakan bangsa sumeria sebagai huruf dengan penyebutan yang berbeda – beda sehingga menjadi kata – kata, kalimat, dan akhirnya bahasa.
2. Penggunaan huruf hieroglyph pada bangsa mesir kuno.
3. Pengunaan serat papyrus sebagai kertas atau media tulis.
4. Penemuan kertas oleh bangsa cina yang terbuat dari serat bamboo yang di haluskan , di saring, dicucui, di ratakan, dan di keringkan.
Masa Modern
Beberapa penemuan mutakhir pada masa modern sebagai berikut :
1445    : Johan Guttenberg mengembangkan mesin cetak yang menggnakan plat huruf dari besi yang  dapat diganti – ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
1830    : Agusta Lady Byron dan Charles Babbage bekerja sama membuat program computer dalam mesi analitiknya.
1837    : Kode morse dan telgraf yang di kembangkan oleh Samuel Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone.
1876    : Melvyl Dewey mengembangkan system penulisan decimal.
1877    : Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon untuk pertama kali.
1923    : Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
1940    : Ilmu pengetahuan bidang informasi mulai berkembang pada masa perang dunia II yang di gunakan dalam pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang di simpan dalam bentuk magnetic tape.
1946    : Komputer digital pertama di kembangkan (ENIAC)
1962    : Ran Paul Barand mengembangkan Sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
1973 – 1990    : Perkembangan protocol TCP/ IP pada computer yang memiicu perkembangan internet.
1991-Sekarang            : Pengembangan Worl Wide Web, pelayanan internet sampai pertumbuhan penggunaan internet menuju pesat dan mulai menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia.
Bagaimana??? Sudah jelas kan postingan tentang sejarahnya ini. Hehehhe
Semoga beermanfaat. #Follow me

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it