Rabu, 13 Agustus 2014

Visual Basic


   Visual Basic adalah salah satu pemograman computer, di kembangkan oleh Microsoft  sejak tahun1991 yang kemudian terus di rilis sesuai dengan tuntutan perkembangannya yang hingga kini Visual basic sudah Terdapat beberapa Versi, yang saya punya Versi 6.0 yang merupakan produk rilis di akhir tahun 98. Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu :
1.       Standart Edition merupakan produk dasar
2.       Profesional Edition berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine (database) dan pembuatan server OLE automation.
3.       Enterprise Edition adalah edisi client – server.
Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program computer, khususnya yang menggunakan system operasi Windows atau yang berbasiskan grafis ( GUI – Graphical User Interface ). Visual Basic adalah salah satu pemograman yang mendukung object ( Object Oriented Programming = OOP ).
Beberapa Properti yang umum di gunakan oleh semua object.
1.Properti Left , Top, Width, dan Height.
  Semua objek yang visible memiliki property  yang menentukan  letak dan ukurannya. Nilai property Left dan Top sifatnya relative terhadap kontainernya ( Misalnya suatu textbox yang ditempatkan di atas form, maka form tersebut di sebut sebagai container bagi textbox tersebut ), sedangkan Width dan Height menentukan ukuran dari objek tersebut.
2. Properti Forecolor dan BackColor
  Umumnya objek yang visible memiliki property Forecolor dan Backcolor, yang mempengaruhi warna tulisan dan warna latarbelakang , tetapi beberapa di antaranya tidak ada ( misalnya control scroll – bars ), pada command button tidak terdapat property Forecolor , dan Backcolornya hanya berfungsi jika anda mengganti style menjadi 1 – Graphical.
3.Properti Font
  Pada waktu desain, anda dapat menentukan property Font dengan dialog box, tetapi pada saat runtime , hal tersebut harus di lakukan dengan property name ,Size, Bold, Italic , Underline, dan Strikethrough, karena sebenarnya Font adalah suatu objek campuran.
4.Properti Caption dan Text
  Caption adalah tulisan yang tampil dalam suatu control (atau title pada objek form ) yang mana pemakai tidak dapat melakukan modifikasi langsung (control label , CommandButton, Checkbox, Option button, Data , dan Frame ), seballiknya Text adalah tulisan yang dapat di modifikasi oleh pemakai ( control Textbox, Listbox, dan Combobox).
5.Properti Enabled dan Visible
  Pada defaultnya semua control dan form adalah Enabled dan Visible, anda dapat menyembunyikan suatu control dengan menggunakan property Visible = false. Control yang property Enabled = False tidak dapat di akses oleh pemakai, tetapi dapat di akses secara kode. Programmer dapat juga menggnakan property locked = True untuk membuat suatu control read only.
6.Properti Tabstop dan TapIndex
  Suatu control yang dapat menerima focus input memiliki property Tabstop. Suatu kontrol yang dapat menerima fokus input memiliki properti TabStop. Kontrol  yang memiliki properti TabStop juga memiliki properti TabIndex. Properti TabStop  menentukan apakah suatu kontrol dapat menerima fokus pada penekanan tombol  Tab oleh pemakai, defaultnya adalah true, sedangkan properti TabIndex menentukan urutan fokus pada saat pemakai menekan Tab.
 7.  Properti MousePointer dan MouseIcon
  Properti ini akan menentukan bentuk kursor mouse ketika berada diatas kontrol  tersebut. Windows memperbolehkan kita mengatur tampilan mouse untuk setiap  form dan kontrol dengan mengikuti aturan berikut :
a. Jika properti Screen.MousePointer di set ke nilai yang bukan 0-vbDefault, kursor  mouse akan mengikuti nilai ini, tetapi ketika mouse berada diatas aplikasi lain (atau pada desktop), tampilan kursor akan bergantung kepada kondisi aplikasi bersangkutan, bukan pada aplikasi anda. 
b. Jika Screen.MousePointer adalah 0 dan kursor mouse berada diatas suatu kontrol, Visual Basic akan memeriksa nilai properti MousePointer kontrol tersebut; jika  nilainya bukan 0-vbDefault, kursor mouse akan di set ke nilai tersebut. 
c. Jika Screen.MousePointer adalah 0 dan mouse berada diatas permukaan suatu  form atau berada diatas kontrol yang properti MousePointer adalah 0, Visual  Basic akan menggunakan nilai yang tersimpan pada properti Mousepointer pada form. 
Properti MouseIcon dapat digunakan untuk menampilkan bentuk pointer mouse sesuai dengan keinginan pemakai, tetapi sebelumnya properti MouseIcon harus di  set ke 99-vbCustom, dan kemudian set suatu icon pada properti MouseIcon.
 8.  Properti Tag
Semua kontrol mendukung properti Tag, tanpa kecuali, karena properti ini  disediakan oleh Visual Basic, bukan oleh kontrol. Properti Tag digunakan sebagai  kontainer untuk bagi data dari kontrol yang anda ingin simpan (misalnya anda dapat  mengunakannya untuk menyimpan nilai awal dari textbox, sehingga pemakai dapat  melakukan Undo dengan mengembalikan nilai awal tersebut dari properti Tag).  

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it