Minggu, 16 Februari 2014

Cara Membuat Bootable Windows 7 Dan Linux Ubuntu 12.10 Dalam 1 Pc

  Setelah saya sudah praktek sendiri dengan laptop saya ternyata berhasil dan hasilnya keren abiss,,yang saya coba dulu menggunakan windows 7 sama Linux Open SusE 10.0,,,Tapi sama saja menggunakan Ubuntu juga bisa...Untuk kali ini Saya mencoba Windows 7 dan Ubuntu 12.10 Dalam 1 PC. Ok langsung saja
Bila kalian belum punya Ubuntu kalian bisa download dibawah ini :
Down load Ubuntu 12.10 Desktop i386 (772 MB)
Part 1            Part 2          Part 3           Part 4

Untuk cara menggabungkannya memakai Hj Split lihat disini
Untuk cara membuat Flashdisk menjadi bootable lihat disini


Langkah pengintalan Ubuntu dan win 7 sebagai berikut :
1. Klik "Start" ->> "Computer" dan pada "Computer" klik kanan dan pilih "Manage"


2. Klik pada "Disk Management" dan klik kanan pada "local disk (C)" lalu pilih "shrink volume"


3. Pada "Enter the amount of space to shrink in MB" isikan dengan kapasitas "8 GB" atau "8156 MB" yang di ambil dari sebagian "local disk c" dimana kita nanti akan menginstal Ubuntunya. Jika sudah selesai menentukan besar ruang kosong untuk Ubuntu maka klik 'Shrink".


4. Restart PC/Laptop anda. Dan pastikan PC/laptop anda telah diisikan CD/DVD Ubuntu atau Flashdisk Ubuntu dan set bootable pada CD/DVD atau USB Disk. dan tunggu sampai masuk ke booting Ubuntunya. setelah masuk ke booting nya maka akan ada tampilan seperti dibawah ini. "try ubuntu" untuk percobaan. dan "Install Ubuntu" untuk menginstall. lalu klik pada "Install Ubuntu"


5. Selanjutnya pilih "Something Else" karena kita akan membuat partisi sendiri untuk Ubuntu dan klik "Continue"


6. Pada ruang kosong "Free Space" yang sudah kita buat tadi , dan klik "Add" unruk membuat ruang SWAP (RAM).


7. Selanjutnya tentukan jumlah SWAP. Biasanya saya menggunakan 500 MB s/d 1000 MB. dan jangan lupa memilih "swap area" dan klik "Ok".


 8. Selanjutnya klik "Add" untuk membuat partisi Ubuntu dan menggunakan semua ruang bebas "Free Space" yang tersedia. dan jangan lupa memilih garis miring (/) sebagai mount point (file/drive C system yang ada di windows).



9. Selanjutnya beri centang pada "filesystem ext4". Sejauh ini kita telah berhasil membuat dual botting Ubuntu dan windows 7. Dan klik "instal now" untuk memulai menginstal Ubuntu.


10. Ikuti langkah-langkah penginstalannya sampai dengan selesai. setelah selesai anda akan dihadapkan dengan tampilan sebagai berikut. dan setiap anda menyalakan PC/laptop anda akan berhadapan dengan tampilan tersebut. anda tinggal memilih OS apa yang mau anda gunakan,,,,dengan naik turun tombol panah dan enter untuk masuk..

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it