Rabu, 19 Februari 2014

Worm TheMoon Serang Wireless Router Linksys


Linksys Wireless Router
Baru-baru ini muncul kabar bahwa worm TheMoon dapat menyerang dan memengaruhi wireless router Linksys seri lama. Hal ini diketahui setelah muncul banyak keluhan dari pemilik wireless router Linksys. Seperti apa risiko serangan worm TheMoon pada wireless router Linksys? Berkut ulasannya.
The SANS Institute Internet Storm Center telah menemukan sebuah worm yang dapat memengaruhi kinerja wireless router Linksys, yakni worm TheMoon. Saat ini pihak Linksys telah mengetahui masalah ini dan sedang melakukan tindak lanjut untuk menyelesaikan masalah ini.
Worm TheMoon ini memanfaatkan celah keamanan yang terdapatpada beberapa model wireless router Linksys, yakni memanfaatkan remote pada fitur Remote Management Access yang telah diaktifkan. Secara default, fitur Remote Management Access ini sebenarnya telah dinonaktifkan.
Setelah memenfaatkan celah keamanan tersebut, worm TheMoon kemudian melewati otentikasi sebagai administrator dan menghubungkan dirinya ke port 8080 dan masalah pun mulai terjadi. beberapa kekacauan yang dikeluhkan oleh pengguna wireless router Linksys disebabkan oleh serangan worm TheMoon.
Sejauh ini telah diketahui beberapa model atau tipe wireless router Linksys yang memiliki risiko terkena serangan worm TheMoon, yakni model E1000 dan E1200. Selain itu, beberapa model juga diketahui berpotnesi terkena serangan TheMoon adalah seri  E4200, E3200, E3000, E2500, E2100L, E2000, E1550, E1500, E1200, E1000, dan E900. Bagi pengguna yang memiliki salah satu wireless router Linksys model yang disebutkan di atas, pastikan fitur Remote Management Access dinonaktifkan.
“Linksys menyadari malware yang disebut “TheMoon” yang telah mempengaruhi tipe lama router Linksys E -Series dan beberapa jalur akses yang lebih tua Wireless – N dan router . Kami akan bekerja pada produk-produk yang terkena dampak dengan memperbaiki firmware yang rencananya akan diposting pada website kami dalam beberapa minggu mendatang,” keterangan resmi Linksys, seperti yang dikutip dari Slashgear (17/02/2014).

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com
kesehatan dan kecantikan

Share it